Tags

, , , , , , ,

Back to the blog!

Yap, setelah beberapa hari kebelakang memang tak memiliki waktu yang cukup senggang untuk sekedar menuliskan day by day perjalanan internship setelah terakhir menuliskannya di tanggal 19 Mei yang lalu, akhirnya kesempatan itu kembali datang. Dan nampaknya alangkah lebih hemat jika kedepannya saya selalu menulis dengan format seperti ini, rangkuman per dua minggu. Lebih berkualitas dan lagipula tidak dikejar waktu tidur (ya, jika harus menuliskannya setiap hari bayangkan saya selesai kerja pukul 17.30, terkadang saya makan malam terlebih dahulu bersama Aini hingga pukul 21.00, pulang ke kosan, menyetrika baju yang sedari pagi dijemur, mandi, sholat, dan, ya, biasanya waktu sudah berlari hingga angka 23.00, di kondisi di mana mata sudah sulit untuk diajak berkompromi untuk stay tune di depan laptop). Sebelum saya melanjutkan, saya pastikan cerita saya tidak mengandung data-data perusahaan yang bersifat confidential. Cerita hanya akan mengulas garis besar dari apa yang saya alami dan lakukan. Oke, lalu, apa yang terjadi dari tanggal 20 hingga tanggal 29 Mei kemarin? Ini diantaranya:

1) Market Visit

Apa tujuannya? Pak Andro, Sales & Marketing Manager Fujifilm Indonesia, selama dua minggu awal ini berbaik hati memberikan orientasi mengenai alur kerja dari Fujifilm Indonesia. Dan ini salah satunya. Dengan market visit, saya dan Maisa diharapkan mendapatkan gambaran mengenai seputar kondisi bisnis digital camera, Instax, maupun photofinishing. Mulai dari mamantau kondisi terkini beberapa cabang dari Fujifilm Digital Imaging (FDI), Fujifilm Image Service (FIS), dan Fujifilm Image Plaza (FIP) di area Jakarta, melihat kondisi pasar dengan datang ke Jakarta Photography Center (JPC) Kemang, Sony Center, Mangga Dua Mall, Fujifilm Showroom di Grand Indonesia, Jonas Photo Serpong, Electronic Solution SCBD dan Senayan City, dan masih banyak lagi tempat yang kami kunjungi. Output yang kami sampaikan ke Pak Andro adalah persepsi mengenai FDI, FIS, dan FIP, apa yang harus dikembangkan dari ketiga tempat cetak foto yang saat ini masih dipegang oleh PT Modern International tersebut, dan juga memberi gambaran kasar tentang persaingan digital camera di lapangan, serta channel mana saja yang cocok serta tidak cocok atau sesuai dengan target market, untuk memajang produk dari Fujifilm

2015525151650 2015526124434 2015521131501 2) Mas Ali’s Wedding Reception

Yes, bagi anak kosan mendapatkan undangan pernikahan bagaikan oase yang menyegarkan. Jatah uang makan satu hari bisa dihemat dan dialokasikan ke bensin motor. Apalagai bagi anak magang baru seperti saya, sudah diajak untuk datang oleh Mas Ali dari divisi Finance tentunya suatu rezeki yang datang tanpa diminta. Resepsi pernikahan Mas Ali dan istri diadakan di Gedung Dharma Wanita di kawasan Pedurenan Mesjid pada tanggal 24 Mei yang lalu. Saya datang bersama Aini dengan outfit dominan biru. Sayangnya saya tidak mengabadikan foto pelaminan serta bersama Mas Ali dan karyawan Fujifilm lainnya.

2015524124810

2015524124514

3) Tradisi Birthday Surprise

Yang saya senangi dari perusahaan Jepang ini adalah suasana kekeluargaannya yang kental. Saat pertama kali saya datang di sini, beberapa orang yang mengobrol dengan saya terkadang melontarkan cerita bahwa siapapun yang berulangtahun di perusahaan ini tanpa terkecuali akan diberikan surprise. Hal tersebut bahkan terucap oleh Pak Daus dari bagian cleaning service, ketika saya bertanya mengenai apakah benar adanya tradisi surprise tersebut, seketika beliau mengamininya. Dan tanggal 28 Mei 2015 kemarin semua itu terbukti. Jam menunjukkan pukul 17.00 sore, saya dan kawan kawan dari Product Specialist Division yang kala itu berada di lantai 20 (ruangan kantor Product Specialist) diminta untuk segera turun ke kantor Fujifilm di lantai 2. Setelah nyaris semua berkumpul, masuklah kami ke ruangan meeting utama. Ternyata hari itu (atau mungkin minggu ini dengan tanggal yang berbeda-beda) ada 3 orang yang berulangtahun, yaitu Pak Josef Kuntjoro, Mba Asih dan Mba Dini. Mba Indah dari Sales Div. menjadi host dadakan yang meminta saya, dan beberapa anak magang lainnya untuk memimpin menyanyikan lagu Happy Birthday. Beberapa kegaduhan dan keriuhan bercampur keceriaan terjadi secara spontan saja. Rama, teman saya dari divisi Product Specialist, didapuk untuk ikut memimpin nyanyian, sambil diselingi oleh selentingan-selentingan aksi spontan yang mengundang tawa satu ruangan, termasuk Presiden Direktur Fujifilm Indonesia, Takayuki Takahashi-san, ikut berbaur membangun suasana yang hangat dan tanpa batas.

DSCF0297

Right-Left: Mba Asih, Pak Josef, Mba Dini. Captured by: Pak Yoga (using Fujifilm X-30)

DSCF0291

Happy Birthday dadakan. Captured by: Pak Yoga (using Fujifilm X-30)

DSCF0288

Takahashi-San (Kemeja putih). Captured by: Rama Nugraha (using Fujifilm X-30)

DSCF0296

“Riuh” Captured by: Pak Yoga (using Fujifilm X-30)

That’s all beberapa kejadian berkesan dan menarik selama 2 minggu pertama saya menjalani fase internship di sini. Semoga lebih banyak lagi momen-momen ‘pecah’ dan belum pernah saya rasakan sebelumnya yang menanti di hari-hari berikutnya.

See u on the next post,

-Handry M.Yudha-

@handrymar

Advertisements