Tags

, , , , , , ,

Menyambung hari pertama internship kemarin (baca juga: https://handrymar.wordpress.com/2015/05/18/fujifilm-indonesia-1st-day-of-internship/), alhamdulillah hari kedua tidak telat datang dan hari ini saya awali dengan mengobrol di pantry dengan beberapa karyawan yang belum saya kenal di hari sebelumnya, terutama karyawan dari divisi Product Specialist yang berkantor di lantai 20. Divisi tersebut terdiri dari Pak Yoga, Mas Yudi, dan Mas Rama. Beberapa karyawan nampak membawa sarapannya masing-masing, ada pula yang meminta Pak Daus, cleaning service di sini, untuk membelikan makanan sesuai dengan request mereka masing-masing. Di sinilah terlihat wajah-wajah semangat yang mengawali hari dengan ceria dan candaan, tak nampak ketegangan atau keseriusan yang over, pagi hari mereka cairkan dengan makan satu meja dan bertukar cerita. Sarapan mereka habiskan, dialog disudahi, dan mereka bergegas mengisi pos nya masing-masing. Agenda hari ini: Training mengenai Product Knowledge yang disampaikan oleh Divisi Product Specialist.

Training ini berisikan materi-materi presentasi yang bergantian dijelaskan oleh Om Yoga dan Mas Yudi. Materinya luar biasa banyak. Mulai dari ilmu fotografi dasar, istilah-istilah penting fotografi, video mengenai service center Fujifilm, line up dari digital camera milik Fujifilm, jenis-jenis lensa #Fujinon yang diproduksi sendiri oleh Fujifilm, teknik-teknik dasar fotografi, cara mendapatkan bokeh, definisi dan fungsi dari ISO, aperture/diafragma, Depth of Field (DOF), shutter speed, fitur-fitur penunjang seperti Film Simulation, Dynamic range, perbedaan mendasar DSLR dan mirrorless, dan masih banyak lagi macamnya, bahkan belum sempat tuntas dan mungkin dilanjutkan besok.

Training ini dilangsungkan secara maraton dari pukul 09.30 hingga pukul 17.00 dipotong dengan istirahat soliskan dari jam 12.00-13.40. Cukup banyak ilmu yang didapatkan, namun harus selalu diulang agar paham, mengerti dan hapal di luar kepala. Istilahnya, tak kenal maka tak sayang, untuk dapat menghasilkan penelitian atau riset di bidang fotografi (walaupun topik saya belum tentu mengenai digital camera) tentunya saya harus terlebih dahulu mengenal mengenai objek yang akan saya teliti lebih jauh lagi, mulai dari pengetahuan dasar, hingga ilmu di ranah yang lebih professional.

Sesi internship hari ini ditutup dengan photo hunting di rooftop Wisma KEIAI. Senang sekali saya berkesempatan mencoba menggunakan kamera-kamera X-series nan canggih yang kualitasnya melebihi Fujifilm X-10 milik saya. Kamera-kamera yang saya coba diantaranya seri X-30,X-, X-A2 Selfie, X-M1, X-A2. dan X-T1. Banyak ilmu yang dapat saya serap dari ketiga senior saya dari Product Specialist ini. 18.40, cukup larut, dan saya memutuskan untuk kembali ke rumah tempat tinggal sementara saya di Kampung Bali

DSCF0186

The atmosphere of the work office

DSCF0188

Fujifilm X-30

DSCF0209

Rooftop View

DSCF9720

Mas Yudi dan Mas Rama

DSCF9681

Captured by: Pak Yoga (using Fujifilm X-T1)

-Handry M.Yudha-

@handrymar

Advertisements